Innovasia Akademi
  • Selamat Datang di Innovasia Akademi
  • Perkenalan
    • Apa itu Innovasia ?
  • Solusi Innovasia
  • Fitur
    • Percakapan
      • Fitur Penting Percakapan
      • Aturan dalam Percakapan
      • Cara Menggunakan Fitur Konversi di Platform Innovasia
      • Akun Customer Service (CS)
    • Database
      • Menambahkan Kontak
  • Keamanan
    • Mengaktifkan 2FA
  • Otomasi
    • Cara menambahkan pesan Sambutan
    • Cara Menambahkan pesan transaksi
  • Modul Marketing
    • Cara Membuat Template
    • CTA Broadcast Single Katalog
  • Sales
    • Fitur Penting Sales
    • Cara Menambahkan Transaksi Manual
  • WhatsApp Flows
    • Cara Publikasi Flows
    • Cara Membuat Flows dari Katalog Produk
  • Katalog Whatsapp
    • Cara Menambahkan Produk pada Katalog WhatsApp
  • Panduan Strategis
    • Overview
      • Panduan Pengaturan Kartu Pembayaran di WhatsApp Meta Business
      • Panduan Detail Harga WhatsApp Business Platform
  • Pendampingan Khusus
    • Overview
      • Jadwal Pendampingan
      • Metode Pendampingan
      • Syarat dan Ketentuan
  • Frequently Asked Question (FAQ)
  • DOKUMENTASI
    • Flow Management API Error Code saat Broadcast
Powered by GitBook
On this page
  1. Fitur
  2. Percakapan

Cara Menggunakan Fitur Konversi di Platform Innovasia

PreviousAturan dalam PercakapanNextAkun Customer Service (CS)

Last updated 1 month ago

📖 Ringkasan

Dokumen ini menjelaskan langkah lengkap untuk mengonversi donasi manual (via transfer bank) yang diterima melalui percakapan donatur di dashboard. Dengan mengikuti panduan ini, tim Anda dapat memastikan setiap donasi tercatat dengan benar ke dalam sistem.

🎯 Tujuan

  • Memudahkan tim operasional dalam memproses donasi manual.

  • Menjamin akurasi data transaksi donatur.

  • Mengintegrasikan transaksi manual ke dalam laporan penjualan produk.

🛠 Prasyarat

  1. Anda sudah memiliki akses ke dashboard aplikasi.

  2. Donatur telah melakukan transfer manual melalui bank.

  3. Percakapan dengan donatur sudah tercatat di menu Percakapan.

🚀 Langkah‑Langkah Konversi

  1. Masuk ke menu “Percakapan” Pada sidebar dashboard, klik Percakapan untuk menampilkan daftar chat dengan semua donatur.

  1. Buka percakapan donatur terkait Temukan dan klik judul percakapan yang sesuai dengan donatur yang telah melakukan transfer manual.

  1. Cari informasi transfer manual Di dalam chat, Anda akan melihat detail komunikasi dan bukti transfer dari donatur.

  2. Temukan tombol “Konversi” Pada panel Pembelian Produk (biasanya di sisi kanan bawah), cari tombol Konversi.

  1. Klik “Tambahkan Konversi” Setelah tombol Konversi muncul, pilih Tambahkan Konversi untuk memulai proses pencatatan.

  1. Pilih produk yang akan di–checkout Dari daftar produk, centang item yang dibeli oleh donatur sesuai jumlah transfer.

  1. Tentukan Metode Pembayaran Untuk metode pembayaran pilih pembayaran 'Lainnya'

  1. Input tanggal & waktu transaksi

  • Pilih hari, bulan, dan tahun sesuai tanggal transfer.

  • Masukkan jam transaksi (contoh: 14:35).

  1. Pindah ke modul Sales Pada modul Sales, klik pada bagian Transaksi Pending maka akan muncul pilihan aksi untuk di 'Tolak' atau 'Terima'. Apabila transaksi sudah sesuai klik tombol 'Terima', apabila transaksi tidak sesuai maka klik tombol 'Tolak'

  1. Selesaikan konversi Klik tombol 'Terima' maka konversi akan selesai dan masuk ke transaksi berhasil, sistem akan menampilkan notifikasi berhasil serta mengirimkan kuitansi jika semua data valid. Apabila tombol 'Tolak' yang di klik maka akan masuk ke Transaksi Gagal.

✔️ Tips & Troubleshooting

  • Tidak menemukan percakapan?

    • Pastikan percakapan belum diarsipkan.

    • Gunakan fitur pencarian dengan kata kunci nama donatur.

  • Transaksi tidak muncul di laporan?

    • Cek ulang metode pembayaran dan tanggal.

    • Pastikan tidak ada duplikasi pemasukan pada modul keuangan.

Dokumentasi ini bersifat living document — silakan berikan masukan atau update langkah jika ada perubahan pada fitur dashboard.